Penyakit Ambeien (Hemorrhoid)

Penyakit Ambeien (Hemorrhoid)Penyakit ambeien pastinya bukan hal asing lagi terdengar, sebab tidak sedikit orang yang mengalaminya. penyakit ambeien juga dikenal dengan Hemorrhoid, yang merupakan adanya benjolan pada anus atau rektum. Benjolan yang berada pada anus tersebut merupakan pembuluh darah yang membengkak, sehingga dapat terlihat dan dapat di raba ketika menyentuhnya. Benjolan pada anus sebenarnya hal yang sangat wajar, dan hampir setiap orang memilikinya, tetapi akan mengecil kembali dengan sendirinya jadi tidak di sadari.

Tetapi jika menderita penyakit ambeien maka benjolan dengan ukuran besar, dan tidak kunjung mengecil sehingga merisaukan penderitanya, meskipun tidak menunjukan gejala. Penyakit ambeien bisa mengecil lalu akan membesar kembali di kemudian hari atau kondisi ini bersifat kambuhan. Hal ini bisa dialami karena disebabkan penekanan pada pembuluh darah di sekitar anus, maka dari itu penyakit ambeien bisa di miliki. Benjolan penyakit ambeien bisa berada di dalam atau pun di luar, karena ada ambeien interal dan juga eksternal.

Bahaya Penyakit Ambeien

Penyebab Penyakit Ambeien (Hemorrhoid)

Benjolan yang terlihat atau terasa pada bokong atau sekitar anus berasal dari pembuluh darah yang membengkak seperti yang telah disembuhkan sebelumnya. penyebab penyakit ambeien yang utama memang belum diketahui secara pasti sampai pada saat ini, meskipun begitu ada beberapa faktor pemicu dan juga yang meningkatkan risiko terjadinya penyakit ambeien :

  • Usia

Usia bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit ambeien (Hemorrhoid). Karena itu meskipun penyakit ambeien bisa dialami oleh siapa pun tetapi lebih banyak ditemui pada orang orang dengan usia lanjut. faktor penuaan yang memicu pembengkakan pada pembuluh darah di area anus.

  • Hamil

Penyakit ambeien (Hemorrhoid) bukan hanya berisiko pada orang tua saja, tetapi risiko terjadinya penyakit ambeien juga lebih besar pada wanita khususnya yang sedang hamil. beban janin di dalam rahim akan menambahkan tekanan juga pada pembuluh darah sehingga hal tersebutlah yang meningkatkan risiko terjadinya ambeien.

  • Konstipasi yang berkelanjutan karena kekurangan serat dalam makanan. Faktor dari makanan yang di konsumsi bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit ambeien (Hemorrhoid) juga. karena makanan yang di konsumsi kurang serat sehingga risikonya pada feses yang akan lambat keluar atau mengalami konstipasi. Feses yang keras pun akan sulit dikeluarkan sehingga mendorong untuk melakukan mengejan sehingga pada saat mengejan akan memberikan tekanan pada pembuluh darah anus yang jika dilakukan terlalu sering akan menambahkan tekanan pada pembuluh darah yang akan menyebabkan benjolan sehingga menyebabkan penyakit ambeien (Hemorrhoid).
  • Obesitas atau kelebihan berat badan.

Faktor pemicu penyakit ambeien (Hemorrhoid) bisa dikarenakan juga oleh pengaruh berat badan. Berat badan yang berlebihan memberikan dampak buruk bagi kesehatan, dan salah satunya bisa memicu penyakit ambeien. untuk itu tidak sedikit juga orang gemuk menderita penyakit wasir.

  • Melakukan seks anal.

Penyakit ambeien (Hemorrhoid) juga bisa dari pengaruh kebisaan seks yang kurang tepat yaitu seks anal. Seks anal tidak baik dilakukan, maka dari itu efeknya bisa menyebabkan benjolan pada anus dari pembuluh darah yang membengkak. Untuk itu seks anal sebaiknya di hindari agar tidak menyebabkan penyakit ambeien.

  • Diare yang berkepanjangan.

Penyakit ambeien (Hemorrhoid) bisa dikarenakan oleh penyakit diare. karena buang air besar berlebihan pun akan mempengaruhi pembuluh darah di sekitar anus, jadi dampaknya bukan hanya dehidrasi saja tetapi juga bias memicu penyakit ambeien.

  • Riwayat kesehatan keluarga dengan hemoroid, menjadikan Anda lebih berisiko menderita wasir atau hemoroid.
  • Terlalu sering duduk dalam waktu lama.

Peredaran di sekitar anus yang tidak mengalir dengan baik karena terlalu lama duduk pun dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit ambeien (Hemorrhoid).

  • Batuk dan muntah-muntah yang berkelanjutan.
  • Sering mengangkat beban berat.

Tekanan berlebihan pada pembuluh darah anus juga bisa terjadi pada saat mengangkat beban berat. karena itu efek dari sering angkat beban berat berlebihan bukan hanya mengalami penyakit hernia tetapi juga bisa memicu penyakit ambeien (Hemorrhoid).

Ciri Ciri Penyakit Ambeien (Hemorrhoid)

Tidak semua penyakit ambeien (Hemorrhoid) memiliki gejala atau menunjukkan ciri ciri,tetapi di beberapa orang ada yang mengalami gejala ambeien seperti berikut :

  • Pendarahan setelah buang air besar tanpa rasa nyeri. Warna darah akan merah terang.
  • Benjolan tergantung di luar anus yang terasa nyeri dan sensitif. Benjolan ini biasanya didorong kembali ke dalam setelah buang air besar.
  • Kotoran keluar dengan sendirinya melalui anus.
  • Mengalami gatal-gatal atau iritasi, sakit, merah dan bengkak di sekitar anus.
  • Keluarnya mukosa atau lendir setelah buang air besar.

Pengobatan Penyakit Ambeien (Hemorrhoid)

Penyakit ambeien (Hemorrhoid) untuk kondisi ringan masih dapat diatasi dengan mudah yaitu dengan mendorong benjolan ke dalam anus secara perlahan. Tetapi jika tidak bisa maka dapat menggunakan obat ambeien dari dokter atau pun dengan menggunakan bahan alami. jika ingin menggunakan bahan alami bisa dari daun ungu yang diekstrak. Konsumsi daun ungu ekstrak akan membantu mengurangi gejala ambeien. dan juga perbaiki pola hidup yang lebih baik sehingga penyakit ambeien segera membaik dengan cepat, mulai asupan makanan dan juga minum air mineral yang cukup. (By:RM)

Penyakit Ambeien (Hemorrhoid)


=====================================

>>> Obat Ambeien (Wasir) Untuk Mengobati Ambeien, Mengurangi Pembengkakan dan Menghilangkan Rasa Nyeri Akibat Ambeien
=====================================


This entry was posted in Penyakit Ambeien and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.